Senin, 12 Desember 2011

Microsoft Copot Bos Divisi Windows Phone

Microsoft merupakan raja di bidang komputer. Namun di industri smartphone, ia tak dominan.

Awal pekan ini Microsoft menunjuk pimpinan baru untuk divisi mobile phone software group mereka. Tujuannya agar perusahaan tersebut berhasil menemukan cara memperluas dominasi mereka, dari pasar PC ke bisnis smartphone yang tumbuh pesat dan sangat kompetitif.

Andy Lees, yang sebelumnya menjabat sebagai President of Microsoft Windows Phone Division dan mengepalai divisi itu sejak tahun 2009 digeser untuk memegang peranan baru di perusahaan, termasuk mengurusi bisnis ponsel dan PC perusahaan.

Pengumuman pergeseran itu terungkap lewat surat yang dikirimkan oleh Steve Ballmer, Chief Executive Officer Microsoft kepada karyawan Microsoft, Senin ini.

Adapun personel yang ditunjuk untuk menggantikan Lees mengepalai Windows Phone Division adalah Terry Myerson yang sebelumnya juga bekerja di divisi tersebut. Kini Myerson bertanggung jawab atas pengembangan Windows Phone, marketing serta fungsi bisnis lainnya dari divisi itu.

“Pada jabatan barunya, Lees akan bekerja untuk memaksimalkan peluang dan fokus untuk menghadirkan dampak maksimum di tahun 2012 mendatang dengan produk Windows Phone dan Windows 8,” kata Ballmer dalam suratnya, seperti dikutip dari Reuters, 13 Desember 2011.

Meski begitu, Ballmer tidak menyebutkan secara spesifik posisi apa yang akan dipegang oleh Lees ataupun nama jabatan barunya.

Seperti diketahui, sistem operasi Windows milik Microsoft merupakan software yang paling banyak digunakan di dunia komputer. Tetapi perusahaan itu gagal mengambil peran di smartphone berbasis Internet di mana Android milik Google dan iOS milik Apple telah mendominasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar