Kamis, 29 Mei 2014

Metode Praktis, Investasi Dan Tabungan Aman Dan Nyaman



5.4 Metode Praktis, Investasi dan Tabungan Aman dan Nyaman 4



Investasi memang dikenal sebagai jaminan masa depan Anda. Akan tetapi, Anda juga harus mempunyai keseimbangan antara investasi dengan tabungan Anda. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan finansial Anda.
Untuk melakukan hal diatas, ada 4 hal yang perlu Anda lakukan agar keseimbangan antara investasi dan tabungan Anda terjaga.

 

1. Kebutuhan Jangka Pendek Menjadi Prioritas Utama

Anda perlu membuat skala prioritas. Makanan, pakaian dan tempat tinggal adalah prioritas utama. Jadi utamakan hal ini.
Bila Anda membuat daftar kebutuhan untuk jangka pendek dan panjang, maka Anda akan menemukan kebutuhan akan layanan atau barang mewah menempati posisi terbawah. Jadi, untuk menabung dana lebih banyak, Anda harus mengurangi kebutuhan ini. Contohnya, Anda tidak perlu makan di restoran mahal, memakai pakaian bermerek dan lainnya.
Bila Anda mempunyai rencana jangka panjang, ada baiknya ditunda terlebih dahulu. Utamakan rencana untuk kejadian tak terduga.
Bedakan juga antara keinginan dan kebutuhan. Dan tentunya, Anda harus mengutamakan kebutuhan. Bila Anda dapat melakukannya, Anda akan mengetahui besar dana yang Anda miliki untuk kejadian tak terduga dan investasi Anda.

2. Tetap Tenang

Memang, harga saham sangat fleksibel. Terkadang, harga saham Anda naik dan juga turun. Bila ini terjadi, jangan panik. Jangan juga menarik diri dari pasar.
Anda perlu melakukan riset, berkonsultasi dengan konsultan keuangan Anda dan akhirnya, buat keputusan yang tepat. Cara ini juga Anda dapat lakukan untuk memilih aset yang ingin Anda jual untuk mendapatkan dana jangka pendek dan meraih keseimbangan investasi dan tabungan.

tabungan

3. Investasi Secara Rutin dan Bertahap

Bila Anda memilik dana lebih dalam tabungan Anda yang tidak digunakan, Anda berada di posisi yang bagus untuk berinvestasi. Misalnya, 80 persen uang Anda ditabung dan 20 persen Anda investasikan. Bila ingin meningkatkan investasi Anda menjadi 40 persen, Anda tidak dapat langsung meningkatkannya.
Anda perlu melakukan semuanya secara bertahap dan perlahan. Anda juga dapat mulai menambah investasi Anda saat indeks pasar turun. Dengan demikian, dana yang Anda gunakan tidak terlalu banyak untuk memulai investasi.

4.  Diversifikasi Investasi

Diversifikasi investasi diperlukan untuk mengurangi resiko yang Anda terima saat berinvestasi. Jadi, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai saham dan obligasi. Anda dapat menggunakannya untuk mediversifikasi portofolio saham Anda.
Anda juga dapat mencoba menggunakan jenis instrumen investasi lain, selain saham. Contohnya, Anda dapat menanamkan uang anda pada rumah, tanah atau emas.
Empat cara diatas merupakan cara yang tepat yang dapat Anda gunakan untuk membuat investasi dan tabungan Anda aman. Selain itu, bila Anda berhasil melakukan ke empat hal diatas, maka, keuangan Anda juga akan menjadi lebih baik.
Kuncinya disini adalah disiplin dan tenang. Dengan kedua hal ini, maka Anda akan sukses berinvestasi.

Sumber: http://www.teropongbisnis.com/uncategorized/4-metode-praktis-investasi-dan-tabungan-aman-dan-nyaman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar